SURAT KABAR DAN CITRA CALON LEGISLATIF SELEBRITI (Studi Analisis Isi Tentang Citra Calon Legislatif dari Kalangan Selebriti di Surat Kabar Kompas dan Suara Merdeka periode 1 Februari – 9 April 2014)

Pusparini, Debhora Krisna Cinditya (2015) SURAT KABAR DAN CITRA CALON LEGISLATIF SELEBRITI (Studi Analisis Isi Tentang Citra Calon Legislatif dari Kalangan Selebriti di Surat Kabar Kompas dan Suara Merdeka periode 1 Februari – 9 April 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (705Kb) | Preview

    Abstract

    Pilkada tahun 2014 ini memicu banyak kontroversi dikalangan masyarakat, karena banyaknya calon legislatif dari kalangan selebriti. Pro kontra yang terjadi tersebut tentu tidak lepas dari peran media massa sebagai saluran dan sarana bagi partai politik untuk menyampaikan pesan-pesan politik. Pesan-pesan politik tersebut disampaikan dalam bentuk kampanye parpol melalui banyak media. Salah satu media yang memiliki peranan penting adalah surat kabar. Sikap masyarakat dan media massa yang sangat kritis terhadap kontroversi tersebut tentu akan memberikan pengaruh kepada suatu media massa yaitu surat kabar terhadap bagaimana menyajikan berita dan bagaimana kecenderungan isi pemberitaanya. Sehingga dalam penyajiannya, surat kabar satu sama lain memiliki kecenderungan yang berbeda dengan surat kabar lainnya. Perbedaanperbedaan tersebut dapat dilihat dari jumlah frekuensi, isi surat kabar yaitu pemberitaan, pendapat masyarakat dan opini penerbit serta citra positif ataupun negatif calon legislatif dari kalangan selebriti. Penelitian ini memusatkan perhatian pada analisis isi tentang citra Calon Legislatif dari kalangan Selebriti di surat kabar Kompas dan Suara Merdeka periode 1 Februari – 9 April 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memaparkan keadaan yang terdapat dalam sensus. Sedangkan tekhnik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis isi dengan menggunakan uji statistik chi square untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Isi Tentang Citra Calon Legislatif dari Kalangan Selebriti di Surat Kabar Kompas dan Suara Merdeka periode 1 Februari – 9 April 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kategori isi surat kabar dan kategori citra, nilai x2 > nilai kritis (10,3 > 9,488) sehingga pada keseluruhan kategori terdapat perbedaan yang signifikan. Pada kategori isi surat kabar x2 > nilai kritis (6,46 > 5,991) sehingga pada kategori isi surat kabar terdapat perbedaan yang signifikan. Pada kategori citra positif/negatif x2 > nilai kritis (3,85 > 3,841.) sehingga pada kategori citra terdapat perbedaan yang signifikan. bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara surat kabar Kompas dan Suara Merdeka Tentang Isi Surat Kabar dan Citra Calon Legislatif dari Kalangan Selebriti di Surat Kabar periode 1 Februari – 9 April 2014. Kata kunci: calon legislatif selebriti, citra, analisis isi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 01 Sep 2015 20:51
    Last Modified: 01 Sep 2015 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17341

    Actions (login required)

    View Item