IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING KAK SETO SOLO

Ahmad, Bazaruddin (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING KAK SETO SOLO. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (801Kb) | Preview

    Abstract

    Homeschooling adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarga untuk anggota keluarganya yang masih usia sekolah, dengan memilh model kurikulum yang sesuai dengan gaya belajar anak. Perkembangan belajar pun memegang peranan penting dalam memberikan gairah dan semangat belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang : 1. Implementasi pembelajaran homeschooling di Homeschooling Kak Seto Solo. 2. Upaya yang dilakukan dalam menunjang keberhasilan dari implementasi Pembelajaran homeschooling di Homeschooling Kak Seto Solo. 3. Faktor penghambat pada implementasi pembelajaran homeschooling di Homeschooling Kak Seto Solo. 4. Hasil yang dicapai dalam implementasi pembelajaran homeschooling? Penelitian ini diselenggarakan dengan menggunakan metode kualitatif dan mengambil bentuk studi kasus. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi/record. Instrumennya yaitu penelitian sendiri dan pedoman pengumpulan data keabsahan data dengan perpanjangan keikut sertaan peneliti, dan ketekunan pengalaman. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis interaktif yang memiliki tiga komponen analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1. Homeschooling Kak Seto Solo mengimplementasikan program pembelajaran komunitas, semi komunitas dan distance learning 2. Faktor penunjang implementasi homeschooling yakni lingkungan belajar homeschooling kak seto yang kondusif, sumber daya manusia ini yakni manajemen dan tenaga tutor, dukungan sosial dan keluarga yang diperlukan untuk kelangsungan pembelajaran homeschooler 3. Faktor penghambat implementasi Homeschooling yakni masih belum memadainya fasilitas dan alat penunjang pembelajaran, karakteristik homeschooler yang berbeda-beda pada homeschooler sangat memerlukan penanganan khusus, kurangnya komitmen berbagai pihak dalam menyikapi kehadiran homeschooling. 4. Hasil dari implementasi antara lain : motivasi belajar anak yang belajar di homeschooling menjadi lebih meningkat, ada perubahan positif dari sikap dan tingkah laku homeschooler, anak jadi lebih optimal mengembangkan potensi, bakat dan kemampuannya, serta lulusan dari pembelajaran homeschooling bisa diterima untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kata kunci: Pembelajaran, homeschooling

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 04 Sep 2015 14:33
    Last Modified: 04 Sep 2015 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17339

    Actions (login required)

    View Item