Impelemtasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Karanganyar

Setyawan, Doni (2015) Impelemtasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Karanganyar. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1462Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Doni Setyawan. NIM: S861308006. 2014. Impelemtasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Karanganyar, Ngawi Tahun Ajaran 2014-2015. Tesis. Pembimbing I: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Djono, M.Pd, M.Hum. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan guru dalam pembelajaran Sejarah Indonesia; (2) pelaksanaan pembelajaran Sejarah Indonesia,(3) penilaian guru dalam pembelajaran Sejarah Indonesia, (4) Kendala dan solusi guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Karanganyar, Ngawi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan atau narasumber, tempat aktifitas dalam pembelajaran, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung, dan mengkaji dokumen dengan menggunakan teknik purposive sampling.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi peneliti, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perencaan pembelajaran, guru belum membuat rencana pelaksanaan pembelajarn (RPP) secara mandiri. (2) pembelajaran Sejarah Indonesia dengan menggunakan pendekatan saintifk belum optimal (3) penilaian autentik belum dijalankan secara total. (4) kendala yang dihadapi antara lain sulitnya merubah mindset guru dalam waktu yang cepat, peserta didik belum aktif dalam pembelajaran, pengadaan buku, kurangnya sarana dan prasarana. Solusi yang dilakukan adalah pelatihan guru secara intensif, pemberian motivasi pada peserta didik dan melakukan pembelajaran yang menekankan PAIKEM, dan pemenuhan sarana dan prasarana yang masih kurang. Kata Kunci: Kurikulum, Pembelajaran Sejarah Indonesia, SMK Negeri 1 Karanganyar, Ngawi

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 01 Sep 2015 16:53
    Last Modified: 01 Sep 2015 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17296

    Actions (login required)

    View Item