ANALISIS HASIL RANCANGAN ULANG GEDUNG JPTK MENGGUNAKAN MATERIAL BETON TERAK TERHADAP GAYA GEMPA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR TEKNIK GEMPA

Hiddatin, Niha (2015) ANALISIS HASIL RANCANGAN ULANG GEDUNG JPTK MENGGUNAKAN MATERIAL BETON TERAK TERHADAP GAYA GEMPA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR TEKNIK GEMPA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hiddatin Niha. ANALISIS PERANCANGAN ULANG GEDUNG JPTK MENGGUNAKAN MATERIAL BETON TERAK TERHADAP GAYA GEMPA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR TEKNIK GEMPA. Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2014. Perancangan bangunan tahan gempa sangat dibutuhkan di Indonesia, dikarenakan wilayahnya terletak dalam wilayah gempa dengan intensitas wilayah gempa rendah hingga wilayah gempa tinggi. Beton merupakan bahan material yang memiliki banyak keuntungan dalam bangunan. Pemakaian bahan material inovasi sebagai campuran beton untuk mengurangi limbah pengecoran logam yang berupa terak dapat digunakan sebagai pengganti sebagian agregat pada campuran beton. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu mereview bangunan gedung JPTK, dengan bangunan gedung tahan gempa yang mengacu pada peraturan SNI Gempa 2002 (03-1726-2002) sebagai perhitungan pembebanan gempa dan SNI 03-2847-2002 sebagai perhitungan struktur. Analisis rancangan ulang gedung dengan menambahkan terak sebagai pengganti agregat. Hasil rancangan ulang yang didapatkan menunjukkan pemakaian dengan bahan terak pada gedung JPTK dapat digunakan. Perbedaanya terletak pada kebutuhan tulangan pada kolom, yaitu 12 tulangan dengan diameter 22 mm pada perancangan awal, sedangkan pada perancangan ulang yaitu 14 tulangan dengan diameter 25 mm. Kata kunci : bangunan tahan gempa, beton terak, agregat, beton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
?? TA ??
?? TH ??
Divisions: ?? pendidikan_teknik_bangunan ??
Depositing User: Users 11029 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2015 10:05
Last Modified: 02 Sep 2015 10:05
URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17283

Actions (login required)

View Item