IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS XI MATERI POKOK KOLOID DI MA AL MA’WA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

'AZIZAH, WIDA NURUL (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA KELAS XI MATERI POKOK KOLOID DI MA AL MA’WA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1194Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar kimia di kelas XI IPA MA Al Ma’wa Cilacap pada materi pokok koloid; (2) mengetahui pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar kimia di kelas XI IPA MA Al Ma’wa Cilacap pada materi pokok koloid; (3) mengetahui pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar kimia di kelas XI IPA MA Al Ma’wa Cilacap pada materi pokok koloid. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahap yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al Ma’wa Cilacap tahun pelajaran 2012/2013. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar kimia peserta didik kelas XI IPA MA Al Ma’wa Cilacap. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian 43,33% pada siklus I menjadi 63,33% pada sikus II; (2) pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik kelas XI IPA MA Al Ma’wa Cilacap. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketercapaian 50% pada siklus I menjadi 56% pada siklus II; (3) pembelajaran dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI-IA MA Al Ma’wa Cilacap. Dalam penelitian ini prestasi belajar meliputi dua aspek, yaitu aspek kognitif dan afektif. Berdasarkan hasil tes siklus I dan II aspek kognitif dapat dilihat persentase ketercapaian 10% pada siklus I menjadi 16.67% pada siklus II. Pada aspek Afektif didapat persentase ketercapaian 26.7% pada siklus I menjadi 33.3% pada siklus II. Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, model pembelajaran kooperatif, teams games tournaments (TGT)

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 01 Sep 2015 13:15
    Last Modified: 01 Sep 2015 13:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17280

    Actions (login required)

    View Item