PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PERISTIWA RENGASDENGKLOK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA

Rosalinda, Herliyana (2015) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PERISTIWA RENGASDENGKLOK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 3 SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (414Kb) | Preview

    Abstract

    Media pembelajaran dapat mempermudah guru menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. maka penelitian ini mengembangkan media pembelajaran komik. Komik tersebut merupakan komik peristiwa Rengasdengklok yang merupakan kajian materi pelajaran sejarah pada siswa SMA kelas XI IPS. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Surakarta sekarang ini, 2) Untuk mengetahui pengembangan media komik Rengasdengklok dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 3 Surakarta, 3) Untuk mengetahui efektivitas media komik Rengasdengklok di SMA Negeri 3 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall serta Sugiyono. Model hipotetik ini mengadopsi dari model ADDIE dari Molenda. Dimana model ADDIE menggunakan lima tahap pengembangan, antara lain:Analysis,Design,Development,Implementation,dan Evaluation. Produk yang dihasilkan berupa komik dengan pembuatan manual kemudian di edit menggunakan software corel draw dan adobe photoshop yang pada akhirnya mengasilkan media pembelajaran berupa buku komik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara,observasi, kuesioner, dan tes. Hasil wawancara dan observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan kuisioner dan tes dianalisis secara kuantitatif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Surakarta masih kurang bervariasi; 2) Media yang dikembangkan dinilai baik dan diberi rata-rata 3,132; 3) Efektifitas media pembelajaran dianalisis menggunakan uji t. Dari uji t diperoleh thitung = 3,132 dengan db 68, p sebesar 0,003 lebih kecil dari taraf signifikansi / sig. 5% (p < 0,05), H0 ditolak. Maka ditarik keputusan uji H0 diterima dan itu artinya hasil kedua kelompok memiliki prestasi belajar yang tidak sama. Uraian tersebut membuktikan bahwa produk media pembelajaran sejarah berupa komik peristiwa Rengasdengklok yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi siswa. Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, komik, peristiwa Rengasdengklok.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 01 Sep 2015 12:20
    Last Modified: 01 Sep 2015 12:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17269

    Actions (login required)

    View Item