PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP/MTs MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANYUMAS

Septriana, Hera (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP/MTs MUHAMMADIYAH KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (104Kb) | Preview

    Abstract

    Hera Septriana. S841308012. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Hasil Observasi ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMP/MTs Muhammadiyah Kabupaten Banyumas. Tesis. Program Pascasarjana FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd. (Pembimbing I), Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd. (Pembimbing II). Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang masih dianggap sulit untuk dikuasai siswa SMP/MTs padahal keterampilan menulis dan berpikir secara ilmiah sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) perbedaan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa yang lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kooperative tipe Students Team Achievement Division, Group Investigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition,(2) perbedaan kemampuan menulis teks hasil observasi siswa yang lebih baik antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran kooperative tipe Students Team Achievement Division, Group Investigation dan Cooperative Integrated Reading and Composition dengan motivasi siswa terhadap kemampuan menulis teks hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen desain faktorial 3x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP/MTs Muhammadiyah di Purwokerto tahun pelajaran 2014/2015. Adapun sampel penelitian adalah siswa kelas VII pada 2 sekolah/madrasah di Purwokerto. Banyaknya sampel sebesar 40 sampel untuk tiap model perlakuan yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes dan pemberian angket. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata nilai kemampuan menulis teks hasil observasi kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD yakni sebesar 78.82, model pembelajaran CIRC 65.89 dan model pembelajaran GI sebesar 60,61. Rerata nilai kemampuan menulis teks hasil observasi ditinjau dari motivasi tinggi adalah sebesar 78,86 dan motivasi rendah adalah sebesar 58.04. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis teks hasil observasi pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD lebih baik dibanding dengan kemampuan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CIRC dan model pembelajaran GI. Adapun kemampuan menulis teks hasil observasi pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran CIRC lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI,(2) Kemampuan menulis teks hasil observasi pada siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibanding dengan kemampuan siswa yang memiliki motivasi rendah, (3) Ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi siswa dalam kemampuan menulis teks hasil observasi. Kata kunci : pembelajaran kooperatif, menulis, motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 01 Sep 2015 11:38
    Last Modified: 01 Sep 2015 12:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17264

    Actions (login required)

    View Item