EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN GEMOLONG

Awalia, Kurnia (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DI KECAMATAN GEMOLONG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (708Kb) | Preview

    Abstract

    Kurnia Awalia. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assited Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Sistem persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Di Kecamatan Gemolong. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc, Pembimbing II: Dr. Imam Sujadi, M.Si. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual antara model langsung, model TAI atau model NHT; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang atau rendah; (3) pada siswa dengan kreativitas belajar tinggi, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual antara model langsung, model TAI atau model NHT; (4) pada siswa dengan kreativitas belajar sedang, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual antara model langsung, model TAI atau model NHT; (5) pada siswa dengan kreativitas belajar rendah, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual antara model langsung, model TAI atau model NHT. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri maupun swasta di Kecamatan Gemolong. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Gemolong, SMPN 2 Gemolong, dan SMP Muhammadiyah 9 Gemolong. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket kreativitas belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model TAI dengan pendekatan kontekstual memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model NHT dengan pendekatan kontekstual dan model langsung dengan pendekatan kontekstual, prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model NHT dengan pendekatan kontekstual sama dengan siswa yang dikenai model langsung dengan pendekatan kontekstual. (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar tinggi sama dengan siswa dengan kreativitas belajar sedang. Prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar tinggi dan sedang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah. (3) Pada siswa dengan kreativitas belajar tinggi, model TAI dengan pendekatan kontekstual, model NHT dengan pendekatan kontekstual, dan model langsung dengan pendekatan kontekstual memberikan prestasi belajar matematika yang sama baik. (4) Pada siswa dengan kreativitas belajar sedang, model TAI dengan pendekatan kontekstual, model NHT dengan pendekatan kontekstual, dan model langsung dengan pendekatan kontekstual memberikan prestasi belajar matematika yang sama baik. (5) Pada siswa dengan kreativitas belajar rendah, prestasi belajar matematika antara siswa yang dikenai model TAI dengan pendekatan kontekstual sama dengan siswa yang dikenai model NHT dengan pendekatan kontekstual, prestasi belajar matematika antara siswa yang dikenai model NHT dengan pendekatan kontekstual sama dengan siswa yang dikenai model langsung dengan pendekatan kontekstual, dan prestasi belajar matematika antara siswa yang dikenai model TAI dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang dikenai model langsung dengan pendekatan kontekstual. Kata Kunci: TAI, NHT, pendekatan kontekstual, prestasi belajar, kreativitas belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 01 Sep 2015 11:06
    Last Modified: 01 Sep 2015 11:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17256

    Actions (login required)

    View Item