PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DENGAN MEDIA VIDEO CANDI BOROBUDUR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KECINTAAN PADA SITUS SEJARAH DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

EKOWATI, UNI (2015) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DENGAN MEDIA VIDEO CANDI BOROBUDUR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KECINTAAN PADA SITUS SEJARAH DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1081Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Inkuiri dengan media video Candi Borobudur dalam pembelajaran sejarah untuk menumbuhkembangkan kecintaan pada situs sejarah dan meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Salaman tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dari hasil penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tiga siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Salaman, sedangkan data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan proses belajar mengajar yang meliputi kegiatan guru mengajar, aktivitas siswa, dokumen, arsip dan foto-foto kegiatan pembelajaran melalui tahapan planning, Acting, Observing, dan reflecting. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi inkuiri dengan media video Candi Borobudur dalam pembelajaran sejarah dapat menumbuhkembangkan kecintaan pada situs sejarah dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA 1 SMA N 1 Salaman. Hal ini berdasarkan nilai post test hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu mulai dari pra siklus pencapaian KKM secara klasikal 45,45% dengan nilai rata-rata 65 ,15; Siklus I mencapai ketuntasan klasikal dengan presentase 69,69% dengan nilai rata-rata 76,21; Siklus II mencapai ketuntasan klasikal dengan presentase 78,78% dengan nilai rata-rata 79,69; dan Siklus III mencapai ketuntasan klasikal dengan prosentase 96,96% dengan nilai rata-rata 88,03. Sedangkan nilai kecintaan pada situs sejarah berdasarkan hasil nilai skala sikap dari data angket setiap siklus mengalami perkembangan mulai dari pra siklus memperoleh rata-rata 45,21; siklus I meningkat menjadi 72,12; siklus II meningkat lagi menjadi 77,45; dan Siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 85,15. Kata Kunci: Strategi Inkuiri, Video Candi Borobudur, Kecintaan Situs Sejarah, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 01 Sep 2015 09:53
    Last Modified: 01 Sep 2015 09:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17251

    Actions (login required)

    View Item