PENGAJUAN PENGGUNAAN INTERVENSI PERMAINAN BERBASIS MINAT PADA SAAT PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN 2015

Ayuningtyas, Kristina (2015) PENGAJUAN PENGGUNAAN INTERVENSI PERMAINAN BERBASIS MINAT PADA SAAT PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (734Kb) | Preview

    Abstract

    Kristina Ayuningtyas. PENGGUNAAN INTERVENSI PERMAINAN BERBASIS MINAT PADA SAAT PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENGGANGGU PADA ANAK AUTIS KELAS 1 DI SLB NEGERI SURAKARTA TAHUN 2015. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan intervensi permainan berbasis minat pada saat pembelajaran terhadap pengurangan perilaku mengganggu bagi anak autis kelas 1 di SLB Negeri Surakarta Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan model A-B-A. Subjek dikenai perlakuan dalam jangka waktu tertentu dan pengaruh perlakuan diukur dari perubahan pada setiap fasenya, antara fase baseline 1 (A1), fase intervensi (B), fase baseline 2 (A2). Fase baseline 1 dilakukan selama 5 sesi, fase intervensi selama 10 sesi dan fase baseline 2 selama 5 sesi. Subjek di dalam penelitian ini ada 2 orang siswa autis kelas 1 yang berinisial RF dan AL dengan karakteristik sering melakukan perilaku mengganggu di kelas seperti memukul, menjambak, menendang, berdiri dari tempat duduk dan berteriak. Hasil analisis visual dalam kondisi menunjukkan kecenderungan perilaku mengganggu anak menurun stabil setelah diberikan intervensi. Pada hasil frekuensi subjek RF baseline-1 sebelum intervensi didapati rata – rata sebesar 42.8 dan setelah diberikan intervensi pada baseline-2 menjadi 11.6. Untuk penurunan pada hasil kualitas subjek RF rata – rata baseline-1 sebesar 72.8 dan menurun pada baseline-2 menjadi 13.2. Pada hasil frekuensi subjek AL baseline-1 sebelum intervensi didapati rata – rata sebesar 37.2 dan setelah diberikan intervensi pada baseline-2 menjadi 13,8. Untuk penurunan pada hasil kualitas subjek AL rata – rata baseline-1 sebesar 70.4 dan menurun pada baseline-2 menjadi 15.6. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan intervensi permainan berbasis minat pada saat pembelajaran dapat mengurangi perilaku mengganggu pada anak autis kelas 1 di SLB Negeri Surakarta Tahun 2015. Kata Kunci : Permainan Berbasis Minat, Perilaku Mengganggu, Autis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 01 Sep 2015 08:39
    Last Modified: 01 Sep 2015 08:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17242

    Actions (login required)

    View Item