PRAKTIK STRATEGIC DISCLOSURE DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA DIHUBUNGKAN DENGAN VARIABEL CORPORATE GOVERNANCE (Pengamatan pada Tahun 2013)

Permana, Krisnadi (2015) PRAKTIK STRATEGIC DISCLOSURE DI PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA DIHUBUNGKAN DENGAN VARIABEL CORPORATE GOVERNANCE (Pengamatan pada Tahun 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (290Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana corporate governance mempengaruhi tingkat strategic disclosure pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Elemen-elemen corporate governance yang digunakan untuk menguji strategic disclosure adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, komposisi komisaris independen, dan jumlah rapat dewan komisaris. Lalu, untuk karakteristik perusahaan menggunakan leverage dan profitabilitas. Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang mengeluarkan annual report tahun 2013. Pengukuran tingkat strategic disclosure dalam penelitian ini menggunakan indeks strategic disclosure dari penelitian Eng dan Mak (2003) dan digabung dengan indeks dari Ho dan Taylor (2013). Kedua indeks tersebut digabung dan dieliminasi komponen yang sama sehingga didapat 30 item strategic disclosure. Sampel penelitian ini berjumlah 71 perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia pada periode 2013. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komposisi dewan komisaris mempunyai pengaruh yang signifikan positif terhadap strategic disclosure. Fungsi dari variabel kontrol dari penelitian ini adalah sebagai pengontrol dari semua variabel, dengan adanya variabel kontrol hasil perhitungan data menunjukkan bahwa leverage dan profitabilitas tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap strategic disclosure pada perusahaan manufaktur di Indonesia. Kata kunci:Agency Theory, Strategic disclosure, Corporate Governance, Perusahaan Manufaktur

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 01 Sep 2015 08:21
    Last Modified: 01 Sep 2015 08:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17241

    Actions (login required)

    View Item