ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI DAN BERPERINGKAT PROPER TAHUN 2011-2013)

SUHARYATI, TRI LESTARI (2015) ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI DAN BERPERINGKAT PROPER TAHUN 2011-2013). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (817Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh corporate governance terhadap kinerja lingkungan. Variabel independen yang diuji dalam penelitian ini adalah ukuran dewan komisaris, proporsi komisaris independen, jumlah rapat dewan komisaris dan ukuran komite audit, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja lingkungan. Terdapat juga variabel kontrol yaitu size, profitabilitas, dan leverage. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan food dan beverage, manufaktur, dan tambang yang terdaftar di BEI dan berperingkat PROPER selama tahun 2011-2013 dengan total sebanyak 36 perusahaan. Sampel dipilih menggunakan kriteria tertentu atau purposive sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel proporsi komisaris independen berpengaruh signifikan terhadap kinerja lingkungan perusahaan, sedangkan ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, dan ukuran komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Variabel control profitabilitas juga berpengaruh terhadap kinerja lingkungan, sedangkan size dan leverage tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Kata Kunci : kinerja lingkungan, corporate governance, PROPER

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 01 Sep 2015 08:22
    Last Modified: 01 Sep 2015 08:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17240

    Actions (login required)

    View Item