BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP BHINNEKA KARYA KLEGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2012/2013

, SUPRIATI (2015) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP BHINNEKA KARYA KLEGO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (293Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII SMP Bhinneka Karya Klego Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Bhinneka Karya Klego Boyolali yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Two-Way Anova dengan memanfaatkan aplikasi SPSS. Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik role playing yaitu pemberian layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan dengan memainkan sebuah peran dan diperankan oleh individu yang mempunyai masalah sosial untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang dihadapi oleh individu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk mengurangi perilaku agresif peserta didik dengan F hitung = 46,186 dibandingkan dengan F tabel = 3,93 atau Fhitung>Ftabel, maka dapat dinyatakan ada perbedaan yang sangat signifikan (dengan signifikansi 0,000<0,05). Hasil yang diperoleh mengalami penurunan yang signifikan. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk mengurangi perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII SMP Bhinneka Karya Klego Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik role playing, perilaku agresif.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LC Special aspects of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 23:26
    Last Modified: 31 Aug 2015 23:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17232

    Actions (login required)

    View Item