PEMENUHAN HAK-HAK KONSUMEN OLEH PELAKU USAHA ONLINE SHOP PADA TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

JAYANTI, SEFIA EKA (2015) PEMENUHAN HAK-HAK KONSUMEN OLEH PELAKU USAHA ONLINE SHOP PADA TRANSAKSI JUAL BELI MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM PRESPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (498Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pemenuhan hak-hak konsumen oleh pelaku usaha online shop dalam transaksi jual beli melalui internet di toko Widsa Collection, Queen, Bintang Agung, Alvin Shoes, dan Ufaira Bags Collection, (2) permasalahan yang timbul dalam transaksi jual beli melalui internet, (3) mengetahui pemenuhan hak-hak konsumen oleh pelaku usaha online shop dalam prespektif pendidikan kewarganegaraan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi serta analisis dokumen. Untuk memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi Data, (3) Sajian Data, (4) Pengambilan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) persiapan, (2) pengumpulan data, (3) Analisis data, (4) penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan Pemenuhan hak-hak konsumen oleh pelaku usaha online shop dalam transaksi jual beli melalui internet di toko Widsa Collection, Queen, Bintang Agung, Alvin Shoes, dan Ufaira Bags Collection belum sepenuhnya terpenuhi, hak konsumen menurut pelaku usaha online shop di atas memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik dalam melayani pelangan, agar pelangan merasa puas, pelaku usaha online shop berkewajiban memenuhi hak konsumennya seperti mengetahui barang yang ingin konsumen beli dengan sedetail-detailnya, mendapatkan pelayanan yang sangat baik dan bisa menerima komplain dengan baik atas resiko dalam bertransaksi jual beli online, tetapi semua itu belum sepenuhnya konsumen dapatkan. Permasalahan yang timbul dalam transaksi jual beli melalui internet sangat banyak di temukan dalam penelitian ini diantaranya: (1) Kualitas barang tidak sesuai harapan, (2) Tertipunya pelaku usaha online shop oleh konsumen yang tidak bertangung jawab, (3) Bahan yang dijual tidak sama seperti digambar, (4) Ukuran tidak sesuai dengan keterangan yang di berikan oleh penjual, (5) Susahnya melakukan retur (penukaran barang) saat konsumen merasa tidak puas, (6) Keterlambatan dalam pengiriman barang oleh jasa ekspedisi (7) Hak-hak warganegara yang tidak sepenuhnya di penuhi oleh pelaku usaha online shop. Watak (civic value) dalam transaksi jual beli online dapat membentuk karakter masyarakat sebagai pelaku usaha online shop maupun sebagai konsumen menjadi pelaku usaha yang baik. KATA KUNCI : Pemenuhan hak-hak konsumen, Masalah transaksi jual beli, Prespektif pendidikan kewarganegaraan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 23:07
    Last Modified: 31 Aug 2015 23:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17228

    Actions (login required)

    View Item