APLIKASI ANALISIS SWOT (STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS) UNTUK PENENTUAN STRATEGI BERSAING BAGI PT PEGADAIAN CABANG GADING

ARDY, SAVIRNA CHANDRA (2015) APLIKASI ANALISIS SWOT (STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS) UNTUK PENENTUAN STRATEGI BERSAING BAGI PT PEGADAIAN CABANG GADING. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (85Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam menghadapi ketatnya persaingan layanan jasa sejenis, maka PT Pegadaian cabang Gading menerapkan strategi pemasaran melalui analisis SWOT dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Apabila sudah menganilisis lingkungan ini maka pengambilan strategi akan lebih mudah untuk dilakukan dengan menciptakan kebijakan yang dapat menunjang kelancaran usaha terutama dalam pengambilan keputusan strategisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing yang tepat berdasarkan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses,Opportunities, Threats) yang diterapkan di PT Pegadaian cabang Gading. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah studi dokumen, observasi, dan wawancara guna mendapatkan data primer dan data sekunder, dengan teknik pembahasan analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil Analisis SWOT, PT Pegadaian cabang Gading berada pada posisi Strategi Strength-Opportunity (Strategi SO). Strategi ini menggunakan kekuatan internal yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang sebasar-besarnya. Pada kuadran ini PT Pegadaian cabang Gading dihadapkan pada peluang yang tinggi terhadap kekuatan internal. Hasil penelitian di atas sebagai alasan dalam memberikan saran yang dapat disampaikan, antara lain: 1) PT Pegadaian cabang Gading perlu melakukan Proses analisa lingkungan internal dan eksternal mengingat ketatnya persaingan antar perusahaan produk sejenis. 2) Lebih mengoptimalkan pemanfaatan kekuatan dan peluang yang dimiliki PT Pegadaian cabang Gading. Kata kunci: Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses,Opportunities, Threats)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 23:01
    Last Modified: 31 Aug 2015 23:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17227

    Actions (login required)

    View Item