OPTIMALISASI STRATEGI PROMOSI DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA SURAKARTA DALAM MEMPUBLIKASIKAN PASAR KLEWER

GRAHA, SATYA (2015) OPTIMALISASI STRATEGI PROMOSI DINAS PENGELOLAAN PASAR KOTA SURAKARTA DALAM MEMPUBLIKASIKAN PASAR KLEWER. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (110Kb) | Preview

    Abstract

    Promosi merupakan kegiatan dalam pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan produk, meyakinkan, dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan suatu pembelian terhadap produk serta mengingatkan konsumen tentang perusahaan dan produknya. Salah satu promosi yang dilkukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta yaitu periklanan. Periklanan merupakan faktor terpenting yang ikut mempengaruhi kemajuan suatu promosi pada pasar tradisional. Hal ini sangat berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan bisnis antar peritel yang bergerak di bidang yang sama. Untuk mampu bersaing diperlukan strategi promosi khususnya periklanan yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam mempublikasikan pasar tradisional agar dikenal oleh masyarakat. Dengan penjelasan tersebut dapat diketahui bagaimana pentingnya periklanan terhadap kelangsungan pasar tradisional. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui variabel bauran promosi yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam menarik minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif mengenai optimalisasi strategi promosi Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta dalam mempublikasikan pasar tradisional Klewer. Penulis menggunakan metode wawancara secara langsung kepada pegawai Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta cabang Pasar Klewer. Dari penelitian yang dilakukan selama satu bulan penuh oleh penulis, dapat diketahui bahwa media periklanan yang digunakan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta khususnya dalam mempublikasikan pasar Klewer dengan menggunakan media cetak antara lain Media cetak, Booklet, Leaflet, Spanduk, Event, Website dan Televisi, selain itu dalam mempublikasikan pasar Klewer Surakarta dengan menggunakan teknik Word-of-Mouth atau lewat omongan dari mulut ke mulut. Berdasarkan evaluasi tersebut promosi yang dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta harus lebih variatif karena promosi dapat mempengaruhi minat beli masyarakat, disamping itu sarana periklanan perlu ditambahkan agar masyarakat lebih mendengar dan menyimak dengan jelas informasi dari Dinas Pengelolaan Pasar Kota Surakarta. Kata Kunci : Periklanan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
    H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 22:56
    Last Modified: 31 Aug 2015 22:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17226

    Actions (login required)

    View Item