Simbol Okultisme Dalam Desain Kaos Indie (Studi Kasus Persepsi Pemakai dan Desainer Terhadap Penggunaan Simbol Okultisme Dalam Desain Kaos Indie)

Martha, De Baron (2015) Simbol Okultisme Dalam Desain Kaos Indie (Studi Kasus Persepsi Pemakai dan Desainer Terhadap Penggunaan Simbol Okultisme Dalam Desain Kaos Indie). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (7Mb) | Preview

    Abstract

    Simbol Okultisme merupakan simbol yang erat kaitannya dengan ilmu pengetahuan dan sering dikaitkan dengan sihir, mistis dan sifatnya tersembunyi. Simbol-simbol Okultisme banyak ditemukan di berbagai peradaban dan bersifat sakral. Dunia desain independen, atau biasa disebut indie, mulai memanfaatkan simbol-simbol tersebut menjadi desain dalam produk mereka, khususnya kaos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi yang dimiliki pihak-pihak yang terlibat dalam industri indie tersebut, yaitu desainer dan pemakai kaos indie, terhadap simbol-simbol Okultisme yang mereka adopsi menjadi desain dan yang mereka pakai. Penelitia ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus persepsi. Secara garis besar persepsi yang dimiliki kalangan desainer lebih mendalam daripada persepsi yang timbul dari kalangan pemakai kaos indie. Hal ini dikarenakan para desainer melakukan observasi yang cukup mendalam terlebih dahulu terhadap satu simbol yang akan mereka manfaatkan dan adopsi menjadi sebuah desain kaos. Sedangkan sebagian besar pemakai kaos indie tidak melakukan observasi yang mendalam terhadap sejarah dan makna dari simbol Okultisme yang menjadi desain dalam kaos yang mereka pakai, sehingga persepsi mereka hanya mendasar saja. Kecuali satu narasumber dari kalangan pemakai yang memang memiliki ketertarikan pribadi terhadap Okultisme, termasuk simbol-simbolnya. Sedangkan persepsi yang timbul dari kedua belah pihak, amat dipengaruhi oleh konsistensi bentuk dari simbol terkait. Hal ini terlihat dari bagaimana sebuah gambar mata satu dipersepsikan sebagai simbol All-Seeing Eye. Konsistensi bentuk dari obyek terkaitpun menjadi faktor penting dalam sebuah proses persepsi. Kata Kunci: Kaos Indie, Simbol Okultisme, Persepsi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
    N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
    N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 31 Aug 2015 22:47
    Last Modified: 31 Aug 2015 22:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17221

    Actions (login required)

    View Item