PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA KEJU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

Rahmanto, Koniawan Fajar (2015) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN TEMA KEJU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (343Kb) | Preview

    Abstract

    Koniawan Fajar Rahmanto. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Tema Keju untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII. TESIS. Pembimbing I: Dr. M. Masykuri, M.Si., Pembimbing II: Prof. Dr. Widha S., M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sains. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema keju, (2) kelayakan modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema keju, (3) efektivitas modul IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema keju, terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji lapangan utama, (7) revisi hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) penyebaran produk. Prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall dengan 10 tahapan tersebut dimodifikasi pada jumlah subjek ujicoba. Validasi produk dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli penyajian, 1 ahli bahasa, 1 ahli media, 2 ahli pendidikan, 1 praktisi guru IPA, dan 2 teman sejawat. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Prambanan dengan subyek ujicoba awal terdiri dari 6 siswa kelas VII dan 1 guru IPA, subjek uji lapangan utama 18 siswa kelas VII dan 2 guru IPA, serta subjek uji lapangan operasional yaitu 32 siswa kelas VII F dan 1 guru IPA. Uji efektivitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan desain non-equivalent control group, yang di analisis menggunakan software SPSS dengan jenis uji Mann Whitney Test untuk keterampilan proses sains dan hasil belajar sikap, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan Independent T-Test. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) karakteristik modul yang dikembangkan adalah konten IPA dipadukan dengan tipe connected, adanya tahapan inkuiri terbimbing pada modul yang menyajikan fenomena IPA dalam kehidupan sehari-hari, serta disusun sesuai Kurikulum 2013; (2) modul layak digunakan dengan perolehan skor modul siswa 3,76 (sangat baik) dan skor modul guru adalah 3,75 (sangat baik); ditinjau dari aspek isi modul layak sesuai dengan Kurikulum 2013, tujuan pembelajaran sesuai dengan KD, keterkaitan materi jelas, tidak miskonsepsi, dan kontekstual; ditinjau dari aspek penyajian modul dinyatakan konsisten, logis, dan runtut; ditinjau dari aspek kebahasaan modul dinyatakan sesuai kaidah bahasa Indonesia yang benar, singkat, jelas, mudah dimengerti, dan konsisten; ditinjau dari aspek kegrafikan modul dinyatakan ukuran modul sesuai standar buku pemerintah, tipografi modul sesuai, gambar jelas, warna sesuai, serta proporsi gambar dengan teks sesuai; (3) modul efektif meningkatkan keterampilan proses sains (sig. 0,000), hasil belajar sikap (sig. 0,000), dan hasil belajar kognitif (sig. 0,000). Besarnya peningkatan dilihat dari gain keterampilan proses sains 0,65 (sedang), gain sikap 0,65 (sedang), dan gain kognitif 0,35 (sedang). Jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelas eksperimen 18 siswa (56,25%), sedangkan pada kelas kontrol tidak ada yang mencapai nilai KKM. Kata kunci: modul, inkuiri terbimbing, keju, keterampilan proses sains, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 31 Aug 2015 22:39
    Last Modified: 31 Aug 2015 22:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17206

    Actions (login required)

    View Item