PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL SMK NEGERI 5 SURAKARTA

APRILYA, RIESKY (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA KELAS X PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (858Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya kelas X Teknik Sipil C SMK Negeri 5 Surakarta. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya kelas X Teknik Sipil C SMK Negeri 5 Surakarta Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat beberapa tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Sipil C SMK N 5 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh melalui observasi afektif dan psikomotorik siswa, wawancara, tes kognitif dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validasi data, sedangkan untuk teknik analisa data digunakan teknik analisis interaktif. Kesimpulan penelitian adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya siswa kelas X Teknik Sipil C SMK Negeri 5 Surakarta menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat berjalan dengan efektif yang menghasilkan peningkatan pada siklus I prosentase efektifitas belajar siswa sebesar 45% menjadi siklus II 76%. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya siswa kelas X Teknik Sipil C SMK Negeri 5 Surakarta menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Terlihat pada setiap tindakan mengalami peningkatan dari siklus I 41%, menjadi siklus II 80%. Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, efektifitas, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 21:40
    Last Modified: 31 Aug 2015 21:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17200

    Actions (login required)

    View Item