PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAANDITINJAU DARIMINAT BELAJAR

Chufa, Cholik Choirul (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAANDITINJAU DARIMINAT BELAJAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1166Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Cholik Choirul Chufa. S991102008. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Teams Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau Dari Minat Belajar (Penelitian Pada Siswa Kelas XII SMK di Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014). Komisi Pembimbing I, Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, dan Pembimbing II Dr. Djoko Santoso, M.Pd. Tesis. Surakarta: Program Studi pendidikan ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap prestasi belajar Kewirausahaan, 2) pengaruh antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, minat belajar sedang dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar Kewirausahaan, 3) interaksi pengaruh model pembelajaran dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Eksperimental. Populasi umumnya adalah seluruh siswa SMK di Kabupaten Ngawi, sedang populasi target yaitu siswa kelas XII SMK se-Kabupaten Ngawi. Teknik sampling random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa meliputi 34 seswa kelas XII AK I SMK PSM 1 Kedunggalar untuk eksperimen STAD dan 36 siswa kelas XII TKR B SMK Nagara untuk eksperimen TAI. Instrumen penelitian ini terdiri dari test prestasi belajar kewirausahaan dan angket minat belajar. Hasil uji coba test prestasi belajar dianalisis dengan uji validitas isi, uji realibilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan uji validitas butir. Uji validitas tiap butir test dilakukan teknik korelasi product moment dari pearson pada taraf signifikan 5%. Uji realibilitas instrumen menggunakan KR-20 dari Kuder-Richardson. Dengan bantuan program MS Exel diperoleh angka koofisien reliabilitas sebesar 0,91. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan metode Lilliefors. Hasilnya seluruh kelompok data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil seluruh kelompok data variansi homogen. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis Variansi Dua Jalan dengan sel tak sama, desain faktorial 2x3 dan taraf signifikansi 0,05. Uji lanjut pasca Anava dengan Uji Scheffe’s. Berdasar uji hipotesis dibuktikan (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar (Fobs 5,20 > Ftab = 3,92). Dari besarnya rataan pemberian model pembelajaran STAD menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dari pada pemberian model pembelajaran TAI. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara tingkat minat belajar siswa terhadap prestasi belajar kewirausahan (Fobs 12,26 > Ftab = 3,07). Dari besarnya rataan dibuktikan bahwa siswa yang minat belajarnya tinggi lebih baik prestasi belajarnya daripada siswa yang minat belajarnya sedang maupun rendah dan siswa yang mempunyai minat belajar sedang mempunyai prestasi belajar yang sama dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah.(3) Tidak terdapat interaksi pengaruh model pembelajaran dan minat belajar siswa (Fobs 1,33 < Ftab = 3,07). Kata Kunci : Minat Belajar, Pembelajaran Kooperatif, STAD (Student Teams Achievement Divisions), TAI (Team Assisted Individualization).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 31 Aug 2015 16:41
    Last Modified: 31 Aug 2015 16:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17156

    Actions (login required)

    View Item