Peranan Freight Forwarding dalam Pengurusan Trucking (Trailer) Untuk Memperlancar Proses Ekspor Kapuk (Studi Kasus Pada PT. Mitra Kargo Indonesia)

NUGROHO, R. ANDI SETYO (2015) Peranan Freight Forwarding dalam Pengurusan Trucking (Trailer) Untuk Memperlancar Proses Ekspor Kapuk (Studi Kasus Pada PT. Mitra Kargo Indonesia). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (110Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penulisan Tugas akhir ini adalah untuk mengetahui proses pengurusan trucking (trailer) yang dilakukan oleh PT. Mitra Kargo Indonesia bergerak dibidang freight forwarding sekaligus EMKL mulai awal proses yaitu container clearance sampai masuknya container yang sudah selesai di stuffing. Metode yang digunakan penelitian Tugas Akhir adalah metode deskriptif, karena kerja langsung dilapangan untuk mendapatkan penelitian yang sebenarnya pada saat magang kerja. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara oleh pegawai di PT. Mitra Kargo Indonesia dan mewawancarai staff bagian operasional dan didukung adanya data-data yang lengkap di perusahaan. Data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya. Dari hasil penelitian tentang pengurusan trucking (trailer) yang dilakukan di PT. Mitra Kargo Indonesia dapat disimpulkan yaitu PT. Mitra Kargo Indonesia melakukan proses container clearance dilakukan di DEPO sampai container out gate diteruskan ke gudang shipper untuk proses stuffing. Ada banyak kendala yang ada di lapangan maupun di luar, yaitu: full booking dari pihak trucking, kemudian proses Container Clearence, Keterlambatan dari pihak trucking dan stuffing. Saran yang diberikan penulis ke PT. Mitra Kargo Indonesia yaitu untuk menambah sarana truck trailer yang berguna sebagai alat angkut, supaya pada saat pemesanan untuk stuffing tidak perlu menghubungi rekanan perusahaan trucking dan lebih efisien. Kata Kunci: Perusahaan Trucking, Trailer, Freight Forwarding

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 15:41
    Last Modified: 31 Aug 2015 15:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17133

    Actions (login required)

    View Item