PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN METODE SETS ( SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI KARANGPANDAN TAHUN 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas)

Kurniawati, Kharisma Neny (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN METODE SETS ( SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI KARANGPANDAN TAHUN 2011/2012 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (244Kb) | Preview

    Abstract

    Kharisma Neny Kurniawati. K7407190 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN METODE SETS ( SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2011/2012. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan metode SETS SETS ( SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY AND SOCIETY) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X.2 SMA negeri Karangpandan kabupaten Karanganyar Tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing– masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas X.2 SMA Negeri Karangpandan, Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa : a) wawancara kepada siswa dan guru mata pelajaran ekonomi, b) observasi c) tes d) dokumentasi. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi a) pengenalan masalah, b) persiapan tindakan c) penyusunana rencana tindakan d) implementasi tindakan, e) pengamatan, f) penyusunan laporan. Berdasarkan penelitian ini peningkatan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dengan metode SETS ( Science, Environment, Technology And Society) pada siswa kelas X.2 Sma Negeri Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012 dapat meningkat hal ini ditunjukan dengan hasil penelitian yang terus mengalami peningkatan setiap siklusnya. Sebelum diterapkan metode SETS (Scinence, Environment, Technoligy and society) hasil belajar masih rendah hal ini terbukti dengan fakta-fakta sebagai berikut dari penelitian prasiklus aspek kognitif yang memenuhi KKM sebanyak 8 orang sedangkan asfek afektif sebanyak 57.63% dari tingkah laku 59.72% dari kedisiplinana dan 52.77% dari kerapian. Aspek Psikomotorik 71.53% dari keatifan dan 77.78% dari aspek ketelitian. nSiklus satu aspek kognitif 18 siswa yang sudah memenuhi KKM,aspek afektif sebanyak 75% tingkah laku, 79.16% kedisiplinan, dan 74.30% kerapian, Aspek psikomotorik 71.53% dari keaktifan dan 77.78% dari ketelitian. Siklus kedua terjadi peningkatan hasil belajar dari aspek kognitif yang semula 18 siswa mencapai KKM,menjadi 29 siswa mencapai KKM. Aspek afektif 77% dari tingkah laku, 83% dari kedisiplinan dan 80.5%dari kerapian dan aspek psikomotori 77.78% dari keaktifan dan 81.25% dari ketelitian. Kata kunci:SETS, hasil belajar, ekonomi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 31 Aug 2015 14:15
    Last Modified: 31 Aug 2015 14:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17121

    Actions (login required)

    View Item