MEDIA CETAK DAN KEPUASAN INFORMASI ( Studi Korelasi Antara Motivasi Membaca di Media Cetak Berdasarkan Orientasi Personal dengan Kepuasan Memperoleh Informasi Mode di Kalangan Remaja Anggota Colour Models Management)

Priambodo, Angga Roni (2015) MEDIA CETAK DAN KEPUASAN INFORMASI ( Studi Korelasi Antara Motivasi Membaca di Media Cetak Berdasarkan Orientasi Personal dengan Kepuasan Memperoleh Informasi Mode di Kalangan Remaja Anggota Colour Models Management). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (328Kb) | Preview

    Abstract

    Media massa selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari peradaban masyarakat modern. Kehadiran media massa mampu menjadi penghubung antara institusi dengan masyarakat sekaligus antara masyarakat dengan media massa itu sendiri. Fashion dalam perkembangannya tak lepas dari pengaruh pers. Dahulu film dan media cetak menjadi garda terdepan penyebaran tren mode di seluruh dunia, namun peran media cetak seakan terkikis oleh kehadiran media online yang dewasa ini muncul. Dalam menyajikan berita tentang fashion, diakui bahwa bahasan di media cetak seperti majalah bisa lebih mendalam dan lengkap. Remaja adalah pengguna dominan situs-situs online. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan, namun ketergantungan remaja pada media online membuat media cetak seakan ditinggalkan. Kompetisi antar media ini sebenarnya baik untuk masyarakat karena media berlomba untuk menampilkan isi yang berkualitas agar masyarakat termotivasi mengkonsumsi medianya. Dalam penelitian ini terlihat bahwa motivasi individu sangat berpengaruh pada perlakuan pada media cetak. Responden mempunyai motivasi identitas personal karena sistem dalam Colour Models Management menuntut suatu pengetahuan dan wawasan untuk meningkatkan prestasi. Hal ini membuat responden membutuhkan media untuk menonjolkan apa yang penting pada dirinya yaitu modeling. Unsur yang tidak boleh diabaikan dalam memperoleh kepuasan informasi adalah motivasi, dalam analisa statistik terbukti bahwa motivasi sangat mempengaruhi hubungan antara penggunaan media dan kepuasan informasi. Jadi motivasi, penggunaan media dan kepuasan informasi merupakan gejala yang saling terkait dan menentukan. Apabila hilang salah satu unsurnya maka akan sangat mempengaruhi unsur yang lai Kata Kunci : Remaja, Media Massa, Fashion xiii

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 31 Aug 2015 15:01
    Last Modified: 31 Aug 2015 15:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17120

    Actions (login required)

    View Item