PENTINGNYA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA BERBASIS INQlTIRY

Fauzi, Ahmad (2013) PENTINGNYA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI KEGIATAN LABORATORIUM FISIKA BERBASIS INQlTIRY. Orbith. ISSN 380 - 389

[img] PDF - Published Version
Download (810Kb)

    Abstract

    Fisika ada/ah ilmu yang mengkaji interaksi antara energi dan materi yang menjadi dasar dari ilmu pengetahuan alamo Dalam pembelajaran fisika di sekolah menengah atas, siswa diharapkan tidak hanya menguasai konsep-konsep ./isika secara teori tetapi juga mampu menggunakan metode ilmiah untuk membukttkan konsep-konsep ./isika yang didapat dari teori tersebut. Praktik laboratorium adalah salah satu cora yang ditempuh untuk mencapai tujuan im. Dengan berlakunya kurikulum KTSP maka penyelenggaraan laboratorium ./isika berbasis inkuiri memiliki peran yang sangat penting. Sayang, belum semua sekolah telah menerapkan kegtatan laboratortum tnt. Sebagian besar sekolah yang telah menerapkan kegiatan laboratortum terbatas hanya bersifat verifikatif. Kegiatan laboratorium yang bersifat veri./ikasi kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk merumuskan hipotesis dan merancang serta melakukan percobaan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Paling tidak ada dua faktor utama yang dapat mempengaruhi guru untuk mengembangkan kegiatanlaboratorium inkuiri yaitu faktor kemampuan dan motivast. Oleh karena itu da/am rangka meningkatkan mutu pendidikan ./isika paling tidak dibutuhkan dua hal yaitu peningkatan mutu guru melalui perbaikan pendidikan guru baik bagi calon guru (pre service) maupun bagi guru (in service) dan yang kedoo adalah penciptaan kondisi lingkungan yang mampu memngkatkan dan menjaga motivast guru untuk selalu mengupayakan pembelajaran ./istka yang bermutu. Kata Kunei: Fisika, Laboratorium,Inquiry

    Item Type: Article
    Uncontrolled Keywords: Fisika, Laboratorium,Inquiry
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Users 859 not found.
    Date Deposited: 10 Jul 2013 00:27
    Last Modified: 17 Mar 2017 10:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1712

    Actions (login required)

    View Item