EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN CONCEPT MAPS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Faizati, Khamsatul (2015) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN CONCEPT MAPS PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (876Kb) | Preview

    Abstract

    Khamsatul Faizati. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Concept Maps pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono,M.Sc., II: Dr. Dewi Retno Sari Saputra, S.Si.,M.Kom. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model pembelajaran PBL dengan concept maps dan pendekatan saintifik, model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik, atau model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa-siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang, atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, siswa-siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi, sedang, atau rendah, (4) pada masing-masing kategori kecerdasan emosional, manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik, model pembelajaran PBL dengan concept maps dan pendekatan saintifik, model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik, atau model pembelajaran klasikal dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi seluruh siswa SMP Se-Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 282 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi untuk mendapatkan nilai ujian nasional sekolah dasar sebagai data kemampuan awal; metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa; dan metode angket untuk data tingkat kecerdasan emosional. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran PBL CM lebih baik dari pada prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran PBL, prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran PBL CM lebih baik daripada prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran Klasikal, dan prestasi belajar yang dikenai model pembelajaran PBL sama baiknya dengan model pembelajaran prestasi belajar yang dikenai Klasikal, (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan emosional tinggi lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional sedang maupun rendah dan siswa dengan kecerdasan emosional sedang memperoleh prestasi belajar metamatika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah, (3) Pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan tinggi memperoleh prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan emosional sedang maupun rendah. Siswa dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah memperoleh prestasi belajar yang sama, (4) Pada masing-masing kategori tingkat kecerdasan emosional, model pembelajaran PBL CM memiliki prestasi lebih baik daripada model pembelajaran PBL, model pembelajaran PBL CM memiliki prestasi lebih baik daripada model pembelajaran klasikal, dan model pembelajaran PBL memiliki prestasi belajar yang sama dengan model pembelajaran klasikal. Kata Kunci : PBL, CM, Kecerdasan emosional

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 31 Aug 2015 13:52
    Last Modified: 31 Aug 2015 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17115

    Actions (login required)

    View Item