ADMINISTRASI PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR BERSIH BARU DAN PENUTUPAN SAMBUNGAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA

Yuniantoro, Danang (2015) ADMINISTRASI PEMASANGAN SAMBUNGAN AIR BERSIH BARU DAN PENUTUPAN SAMBUNGAN AIR BERSIH PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (858Kb) | Preview

    Abstract

    PDAM sebagai perusahaan jasa penyedia air bersih disetiap daerah di seluruh Indonesia harus mamapu memberi pelayanan yang berkualitas prima dan maksimal. Karena pelayanan sangat diperlukan untuk memperoleh pelanggan baru terlebih lagi untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan jasa perusahaan tersebut. Seperti PDAM Kota Surakarta yang berkomitmen tinggi dalam mengutamakan pelayanan prima dan maksimal kepada pelanggannya. Sikap tanggap terhadap pengaduan maupun keluhan pelanggan, kemudahan dalam pembayaran tagihan air bersih dan masih banyak yang lainnya.Pelayanan yang diberikan PDAM Kota Surakarta meliputi pemasangan baru air bersih, penutupan saluran air bersih. Pemasangan baru saluran air bersih yang dimaksudkan adalah diterimanya calon pelanggan menjadi pelanggan baru sehingga memerlukan sambungan pipa baru dan accessories yang berupa sambungan ke rumah pelanggan. Sedangkan penutupan saluran air bersih adalah penutupan air bersih baik itu sementara atau total karena permintaan sendiri, maupun konsekuensi penertiban karena belum membayar rekening air dalam jangka beberapa bulan. Pengamatan yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana saja administrasi pelayanan pemasangan sambungan air bersih baru dan pemutusan sambungan air bersih di PDAM Kota Surakarta. Jenis pengamatan yang dilakukan adalah diskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui informan, peristiwa atau aktivitas, lokasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan narasumber atau informan, observasi atau pengamatan dan menggunakan dokumen, buku atau arsip yang diperlukan sesuai dengan masalah yang sedang diamati. Teknik analisa data yang digunakan adalah meliputi reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan penulisadministrasi pelayanan pemasangan sambungan air bersih baru di PDAM Kota Surakarta, meliputi dari calon pelanggan mendaftarkan pemasangan sambungan air bersih baru, pembuantan surat perohonan opname (SPO), pelaksanaan survey, pembayaran biaya pemasangan sambungan baru, pemasangan sambungan air bersih baru. . Sedangkan administrasi pelayanan pemasangan sambungan air bersih baru di PDAM Kota Surakarta, meliputi dari pelanggan datang ke PDAM mengajukan permohonan penutupan sambungan untuk pentupan sambungan atas permintaan sendiri dan mengelompokan pelanggan berdasarkan tunggakan untuk penutupan sambungan karena penertiban, pembuatan Surat Perintah Kerja (SPK) Penutupan, dan yang terahir pelaksanaan penutupan sambungan air bersih.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 31 Aug 2015 13:32
    Last Modified: 31 Aug 2015 13:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17113

    Actions (login required)

    View Item