PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2012

PRAMADIKA, MOCHAMAD REEZA (2015) PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2012. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (321Kb) | Preview

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya fenomena gap, dimana menunjukkan bahwa terjadi perbedaan antara teori dengan fakta antara faktor dependen dan independen yang terjadi dilapangan pada perusahaan manufaktur yang digunakan penelitian dan juga adanya research gap dari penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil berbeda. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Leverage, Likuiditas, Dividen dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : (1) Leverage, Likuiditas, Dividen dan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yaitu bahwa pengambilan sampel dilakukan atas dasar tujuan tertentu, maka jumlah sampel perusahaan industri manufaktur yang memenuhi kriteria sebanyak 15 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari data laporan keuangan dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD) periode 2008-2012 yang diambil dari Bursa Efek Indonesia. Sedangkan untuk pengujian data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan asumsi klasik menggunakan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Leverage dan Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Likuiditas dan Dividen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Peneliti menyarankan agar obyek penelitian kedepannya bukan hanya perusahaan manufaktur saja tetapi juga seluruh perusahaan yang listing di bursa efek Indonesia sehingga sampelnya akan semakin besar sehingga diharapkan hasil penelitiannya semakin lebih baik lagi, menambahkan variabel lain yang berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, misalnya menambahkan Profitabilitas. Keywords : Leverage,Current Ratio, Dividen Payout Ratio, Firm Size dan Price to Book Value

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Manajemen
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 12:01
    Last Modified: 31 Aug 2015 15:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17087

    Actions (login required)

    View Item