PENGARUH CITRA PERGURUAN, KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2013

DEWI, MIRNA CHANDRA (2015) PENGARUH CITRA PERGURUAN, KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA TAHUN 2013. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (241Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pengaruh citra perguruan terhadap kualitas pelayanan Universitas Sebelas Maret. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Sebelas Maret. (3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Sebelas Maret. (4) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Sebelas Maret. (5) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling. Untuk memenuhi asumsi kecukupan sampel dalam analisis SEM, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 200. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner dengan skala likert. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dengan memberikan angket kepada responden. Uji prasyarat analisis SEM yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: uji asumsi kecukupan sampel, uji normalitas dan evaluasi outlier. Uji kebaikan model digunakan alat uji absolute fit indices, incremental fit indices dan parsimony fit indices. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis koefisien jalur untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) variabel citra perguruan tinggi mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan hasil 0,645 dan nilai critical ratio < 1,96. (2) variabel kualitas yang dirasakan pegawai mempunyai pengaruh positif terhadap kualitas pelayanan dengan hasil 1,844 dan nilai critical ratio < 1,96. (3) variabel kualitas yang dirasakan sarana prasarana mempunyai pengaruh positif dengan variabel kualitas pelayanan dengan hasil 5,929 dan nilai critical ratio >1,96. (4) variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap variabel kepuasan mahasiswa dengan hasil 6,929 dan nilai critical ratio >1,96. (5) variabel kepuasan mahasiswa memiliki pengaruh positif dengan variabel loyalitas mahasiswa dengan hasil 9,014 dan nilai critical ratio >1,96. Kata kunci : citra, kualitas pelayanan, kepuasan dan loyalitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HG Finance
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 11:43
    Last Modified: 31 Aug 2015 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17081

    Actions (login required)

    View Item