PERBEDAAN PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN LEAFLET DAN CERAMAH TERHADAP SIKAP REMAJA TENTANG PERNIKAHAN DINI DI TINJAU DARI JENIS KELAMIN (DI DESA SUMBERJO JOMBANG)

, MIRAH (2015) PERBEDAAN PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN LEAFLET DAN CERAMAH TERHADAP SIKAP REMAJA TENTANG PERNIKAHAN DINI DI TINJAU DARI JENIS KELAMIN (DI DESA SUMBERJO JOMBANG). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Disejumlah pedesaan, pernikahan seringkali dilakukan segera setelah anak perempuan mendapat haid pertama. Di Desa Sumberjo Jombang pada tahun 2014 terdapat 22 kasus pernikahan dini mulai Januari sampai Mei dari 345 anak. Desain Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel terdiri atas 34 remaja dipilih secara Cluster dari dua dusun yang kemudian dari dusun diambil secara purposive sampling. Variabel bebas adalah pendidikan kesehatan ceramah dan leaflet, variabel terikat adalah sikap yang dikumpulkan dengan kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dengan korelasi item-total > 0,361. Data dianalisis menggunakan uji t test. Hasil : Terdapat perbedaan secara statistik rerata skor sikap antara kelompok ceramah dan kelompok leaflet ditinjau dari jenis kelamin. Simpulan : 1) Terdapat perbedaan yang signifikan pendidikan kesehatan menggunakan ceramah dan leaflet dengan sikap tentang pencegahan pernikahan dini, 2) Terdapat perbedaan yang signifikan pendidikan kesehatan menggunakan ceramah dan leaflet dengan sikap tentang pencegahan pernikahan dini ditinjau dari jenis kelamin. Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Sikap, Jenis Kelam

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 31 Aug 2015 11:28
    Last Modified: 31 Aug 2015 15:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17076

    Actions (login required)

    View Item