IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN MINI HANDBALL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SANGGRAHAN KECAMATAN JEBRES KOTAMADYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Herwanto, Cahyo Agung (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN MINI HANDBALL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SANGGRAHAN KECAMATAN JEBRES KOTAMADYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (165Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan hasil belajar Permainan Bola Tangan Mini (Mini Handball) pada siswa kelas V SD Negeri Sanggrahan Kecamatan Jebres Kotamadya Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sanggrahan, Kecamatan Jebres,Surakarta yang berjumlah 20 Siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata - rata kelas pada pratindakan adalah 63,90 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 35%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 64,40 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 55%. Pada siklus II, nilai rata rata kelas meningkat lagi menjadi 70,51 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar permainan mini handball pada siswa kelas V SD Negeri Sanggrahan, Kecamatan Jebres,Kotamadya Surakarta Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar permainan mini handball pada siswa kelas V SD Negeri Sanggrahan, Kecamatan Jebres,Kotamadya Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: hasil belajar , permainan mini handball, pendekatan bermain

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Nur Aisyah Puji Utami
    Date Deposited: 31 Aug 2015 11:15
    Last Modified: 31 Aug 2015 11:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17074

    Actions (login required)

    View Item