PENYUSUNAN INSTRUMEN TES SUMATIF FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA

Ratopo, Kenny Anindia (2015) PENYUSUNAN INSTRUMEN TES SUMATIF FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (660Kb) | Preview

    Abstract

    Kenny Anindia Ratopo. PENYUSUNAN INSTRUMEN TES SUMATIF FISIKA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November. 2014 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunan instrumen tes sumatif Fisika kelas XI semester genap yang sesuai dengan karakteristik tes Fisika yang baik dan baku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan model prosedural. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non tes. Sumber data berupa pola respon siswa pada tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang meliputi materi, konstruksi dan bahasa serta kuantitatif dengan menggunakan program MicroCat ITEMANversi3.00 untuk mengetahui taraf kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Pengembangan tes dilakukan menggunakan tahapan: analisis kebutuhan, penyusunan spesifikasi tes, penulisan soal tes, penelaahan tes secara kualitatif, revisi I, uji kelompok kecil, analisis butir soal secara kuantitatif, revisi II dan uji kelompok besar. Pada tahapan revisi II digunakan dua metode revisi, yaitu self revision dan feedback revision. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dari kedua metode revisi tersebut terdapat perbedaan yang tidak begitu signifikan. Dari kedua metode tersebut didapat reliabilitas yang sangat tinggi untuk self revision dan tinggi untuk feedback revision. Bentuk tes yang dikembangkan berupa tes objektif pilihan ganda berjumlah 40 butir. dengan lima pilihan jawaban. Adapun hasil karakteristik tes dari metode self revision yaitu : dari segi taraf kesukaran terdapat 10% soal kategori mudah, 57,5% soal kategori sedang dan 32,5% soal kategori sukar, dari segi daya beda terdapat 42,5% soal kategori cukup (satisfactory), 50% soal kategori baik (good) dan 7,5% soal kategori sangat baik (excellent), dan dari segi efektivitas distraktor sebanyak 95% soal semua distraktor berfungsi dan 5% soal keempat distraktor berfungsi sehingga diperoleh hasil akhir 95% soal diterima dan 5% soal direvisi. Sedangkan untuk metode feedback revision hasil karakteristik tesnya, dari segi taraf kesukaran terdapat 5% soal kategori mudah, 57,5% soal kategori sedang dan 37,5% soal kategori sukar, dari segi daya beda terdapat 2,5% soal kategori buruk (poor), 37,5% soal kategori cukup (satisfactory) dan 60% soal kategori baik (good), dan dari segi efektivitas distraktor sebanyak 92,5% soal semua distraktor berfungsi dan 7,5% soal keempat distraktor berfungsi sehingga diperoleh hasil akhir 85% soal diterima dan 15% soal direvisi. Kata kunci : penyusunan instrumen tes, instrumen tes sumatif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 31 Aug 2015 09:04
    Last Modified: 31 Aug 2015 09:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17067

    Actions (login required)

    View Item