PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TEORI KESETIMBANGAN PADA MATA PELAJARAN STATIKA DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SURAKARTA

AMRAN, ARDI AMSIR (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TEORI KESETIMBANGAN PADA MATA PELAJARAN STATIKA DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (878Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik pembelajaran yang layak sebagai salah satu sarana yang dapat menunjang pembelajaran pada mata pelajaran Statika. Produk yang dikembangkan berdasarkan studi tentang analisis kebutuhan adalah media pembelajaran komik statika yang berisi pokok bahasan teori kesetimbangan dengan materi pembelajaran hukum newton I, hukum newtonII, hukum newton III, serta gaya gesek. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan, olehnya, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data penelitian diperoleh dari 1 ahli media, 1 ahli substansi dan instruksional pembelajaran, dan 1 guru mata pelajaran statika. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan penting antara lain tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan desain model dan tahap validitas model. Analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik statika layak digunakan sebagai salah satu media penunjang pembelajaran, hal ini berdasarkan prosentase yang didapatkan pada (1) Aspek Substansi, 83 % (sangat baik). (2) Aspek Instruksional, 76 % (baik). (3) Aspek Media, 80,35 % (sangat baik). 4) Peningkatan hasil belajar siswa mencapai nilai signifikansi t-test sebesar -12,27, dimana rata-rata nilai pre test sebesar 62,47 menjadi 83,07 pada post test. Jika semua nilai hasil penelitian disesuaikan dengan range kelayakan, maka nilai yang ditunjukkan adalah di atas 75 %, hasil tersebut membuktikan bahwa komik statika pokok bahasan Teori kesetimbangan layak menjadi salah satu media pembelajaran alternatif yang efektif dan dapat direkomendasikan sebagai produk inovasi baru dalam pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik Pembelajaran, Statika, Teori Kesetimbangan, Photoshop, Corel Draw X4.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 31 Aug 2015 09:12
    Last Modified: 31 Aug 2015 09:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17066

    Actions (login required)

    View Item