PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI GERAK HARMONIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 BOYOLALI

Rusdianto, Kartiko (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI GERAK HARMONIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 BOYOLALI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (420Kb) | Preview

    Abstract

    Kartiko Rusdianto. K2309040. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TRANSFORMATIF MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI GERAK HARMONIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 BOYOLALI. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran transformatif melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Boyolali, (2) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran transformatif melalui pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 33 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, tes kognitif, observasi, kuesioner atau angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran transformatif melalui pendekatan konstruktivisme menggunakan metode eksperimen-diskusi pada pembelajaran Fisika dengan materi Gerak Harmonis dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kognitif siswa yang mengalami peningkatan pada siklus I dan II, dengan persentase siswa yang tuntas pada siklus I mencapai 33% atau 11 siswa dan pada siklus II mencapai 76% atau 25 siswa. (2) Penerapan model pembelajaran transformatif melalui pendekatan konstruktivisme menggunakan metode eksperimen-diskusi pada pembelajaran Fisika dengan materi Gerak Harmonis dapat meningkatkan motivasi belajar kelas XI MIA 5 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun ajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dari hasil angket motivasi belajar siswa yang meningkat dan mencapai target ketercapaian pada siklus II. Kata kunci: model pembelajaran transformatif, pendekatan konstruktivisme, metode eksperimen-diskusi, kognitif, motivasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 31 Aug 2015 08:35
    Last Modified: 31 Aug 2015 08:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17064

    Actions (login required)

    View Item