PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TIPE JIGSAW 2 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Sehabuddin, Ahmad (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN TIPE JIGSAW 2 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (446Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni dengan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-IIS 2, XI-IIS 4, dan XI-IIS 6. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Model pembelajaran jigsaw 2 memberikan prestasi belajar siswa yang lebih baik dari pada model pembelajaran number heads together (NHT) dan model pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa pada motivasi tinggi lebih baik dari pada prestasi belajar siswa pada motivasi sedang dan rendah. (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. a) pada model pembelajaran NHT dan konvensional, prestasi belajar siswa pada motivasi tinggi lebih baik dari pada motivasi sedang dan rendah. b) pada motivasi sedang, prestasi belajar siswa pada model pembelajaran jigsaw 2 lebih baik dari pada model pembelajaran NHT dan konvensional. c) pada motivasi rendah, prestasi belajar siswa pada model pembelajaran jigsaw 2 lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Kata kunci: model pembelajaran NHT, model pembelajaran jigsaw 2, model pembelajaran konvensional, motivasi siswa, prestasi siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 31 Aug 2015 07:54
    Last Modified: 31 Aug 2015 07:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17060

    Actions (login required)

    View Item