PENGGABUNGAN ALGORITMA GENETIKA DENGAN TABU SEARCH UNTUK PENGEMBANGAN METODE PENJADWALAN MATA KULIAH DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Fajrin, Ahmad Miftah (2015) PENGGABUNGAN ALGORITMA GENETIKA DENGAN TABU SEARCH UNTUK PENGEMBANGAN METODE PENJADWALAN MATA KULIAH DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1041Kb) | Preview

    Abstract

    Penjadwalan mata kuliah sering menjadi bahan perhatian penting bagi setiap organisasi atau institusi khususnya bagian pendidikan di universitas. Universitas Sebelas Maret (UNS) telah membangun sistem komputerisasi untuk menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah menggunakan algoritma simpe additive weighting. Akan tetapi, dibeberapa prodi masih ada yang kurang puas karena banyak soft constraint yang dilanggar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan algoritma penjadwalan mata kuliah dengan menggabungkan algoritma genetika dengan tabu search. Algoritma genetika mempunyai kekuatan exploitation atau pencarian yang baik sehingga menghasilkan solusi yang layak dan algoritma tabu search akan meningkatkan kekuatan pencarian di algoritma genetika sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjebak di local optimum. Penggabungan algoritma genetika dengan tabu search dapat menurunkan nilai fitness sebesar 47% untuk dataset yang jumlahnya paling kecil dan 21.3% untuk dataset yang jumlahnya paling besar dibandingkan dengan algoritma simple additive weighting. Secara umum metode penggabungan algoritma genetika dengan tabu search dapat digunakan untuk pengembangan metode penjadwalan mata kuliah di UNS. Kata Kunci — Pengembangan Metode Penjadwalan Mata Kuliah, Algoritma genetika, Tabu search.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 31 Aug 2015 06:23
    Last Modified: 31 Aug 2015 06:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17055

    Actions (login required)

    View Item