PERAN DAN TANGGUNG JAWAB FRONT OFFICE DEPARTEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TAMU DI HOTEL NOVOTEL SOLO

DEWI, AYU SHINTA (2015) PERAN DAN TANGGUNG JAWAB FRONT OFFICE DEPARTEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TAMU DI HOTEL NOVOTEL SOLO. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (789Kb) | Preview

    Abstract

    Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan tanggung jawab Front Office Departement dalam meningkatkan kualitas pelayanan tamu di Hotel Novotel Solo dan mengetahui tingkat kepuasan tamu terhadap kualitas pelayanan Front Office Departement di Hotel Novotel Solo.Rumusan masalah berdasarkandari latar belakang diatas bahwa Front Office Departement mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan pelayanan dan tanggung jawabnya terhadap kelancaran operasional hotel, maka dapat dirumuskan: 1) Apa saja peran dan tanggung jawabFront Office Departement dalam meningkatkan kualitas pelayanan tamu di Hotel Novotel Solo ?. 2) Bagaimana Tingkat kepuasan tamu terhadap kualitas pelayanan Front Office Departement di Hotel Novotel Solo?. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam laporan ini adalah wawancara dan memberikan quisioner, observasi (dalam pengertian partisipasi),studi bahan dokumen hotel novotel dan studi pustaka.Sehingga dapat diperoleh data-data yang akurat mengenai peran dan tanggung jawab front office departement di Hotel Novotel Solo serta tingkat kuaitas pelayanan di hotel tersebut. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah Staff front office department bertugas dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan semua petugas hotel memuaskan dengan memberikan informasi, menangani proses pemesanan kamar, menangani proses check in, menangani pembayaran, menangani pemindahan kamar, menangani proses check out, dan menangani keluhan tamu, Dalam meningkatkan kualitas pelayanan staff front office departement berdasarkan kepada lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangibles, Realibility, Responsivness, Assurance, dan Empathy serta berdasar kepada nilai-nilai accor yaitu trust, respect, innovation, performance dan the spirit of conquest, Front office departement adalah pusat syaraf atau pusat nadi juga sebagai ujung tombak dari suatu pelayanan hotel, semua keinginan tamu dan semua complaint tamu langsung menghubungi front office maka apabila front office tidak bekerja dengan baik atau rusak maka semua sistem atau departement yang ada di hotel tersebut juga rusak sehingga tamu tidak akan kembali menginap di hotel tersebut karena pelayanan front office yang tidak memuaskan.

    Item Type: Other
    Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 31 Aug 2015 15:38
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17052

    Actions (login required)

    View Item