PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TALKING BOOK TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRA DI SLB-A YAAT KLATEN TAHUN AJARAN 2014/ 2015

CAHYANI, AYU DEWI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TALKING BOOK TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRA DI SLB-A YAAT KLATEN TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (823Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital Talking Book (DTB) terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Tunanetra di SLB-A YAAT Klaten Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pre test – post test. Teknik validasi instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunanetra kelas VII, VIII, dan IX di SLB-A YAAT Klaten tahun ajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik non parametrik Tes Ranking Bertanda Wilcoxon dengan bantuan program komputer SPSS 20. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diketahui nilai Z hitung -2.936 dengan Asymp.Sig (2-tailed) 0.003 pada taraf signifikansi (α) 5 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Digital Talking Book terhadap peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa tunanetra di SLB-A YAAT Klaten Tahun Ajaran 2014/ 2015. Kata Kunci: Digital Talking Book, Prestasi Belajar, Tunanetra

    Item Type: Other
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    P Language and Literature > PE English
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 04 Sep 2015 16:36
    Last Modified: 04 Sep 2015 16:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17047

    Actions (login required)

    View Item