PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS (ATTENTION – RELEVANCE – CONVIDENCE – SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN JARIMATIKA DENGAN METODE BLENDED LEARNING DI UNIT JARIMATIKA CENTER SALATIGA

Fitrianingrum, Aulia (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS (ATTENTION – RELEVANCE – CONVIDENCE – SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN JARIMATIKA DENGAN METODE BLENDED LEARNING DI UNIT JARIMATIKA CENTER SALATIGA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (975Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (0b) | Preview

      Abstract

      Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar digital berbasis ARCS dengan metode Blended Learning bagi peserta didik di Unit Jarimatika Center Salatiga. (2) Mengetahui keefektifan bahan ajar digital berbasis ARCS dengan metode Blended Learning bagi peserta didik di Unit Jarimatika Center Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Rangkaian penelitian dan pengembangan yang dilakukan dimulai dari identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi produk, uji coba lapangan skala kecil dan revisi desain, uji coba skala luas dan revisi produk. Teknik analisis data, dengan menggunakan analisis deskriptif sederhana, analisis ketuntasan belajar kemudian dilanjutkan uji prasyarat normalitas dan homogenitas untuk melakukan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa: (1) Prosedur pengembangan dimulai dengan desain awal (prototype), dilanjutkan validasi ahli media dan materi terhadap bahan ajar digital dan menunjukan bahwa bahan ajar digital berbasis ARCS layak untuk diuji cobakan dengan metode Blended Learning; (2) Keefektifan bahan ajar digital yang diperoleh dari data lapangan pada uji coba lapangan skala besar (uji coba lapangan skala luas), jumlah peserta didik yang berhasil mencapai ketuntasan belajar (skor > 60) adalah 12 orang (80 %) menunjukkan bahwa Bahan Ajar Digital Berbasis ARCS dengan Metode Blended Learning pada pembelajaran Jarimatika Level 1 adalah efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Digital, ARCS, Blended Learning, Jarimatika

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
      Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Pasca Sarjana > Magister
      Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
      Depositing User: Endar Kusumaningrum
      Date Deposited: 31 Aug 2015 00:08
      Last Modified: 31 Aug 2015 00:08
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17040

      Actions (login required)

      View Item