PANDUAN BIMBINGAN INTERAKSI SOSIAL BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP (Penelitian dilakukan di SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015)

NISA, ATHIA TAMYIZATUN (2015) PANDUAN BIMBINGAN INTERAKSI SOSIAL BERBASIS KECERDASAN INTERPERSONAL UNTUK PESERTA DIDIK SMP (Penelitian dilakukan di SMP N 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/ 2015). Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (719Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan suatu produk panduan bimbingan interaksi sosial berbasis kecerdasan interpersonal untuk peserta didik SMP yang telah valid menurut ahli dan praktisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah pengembangan hanya dilakukan sampai pada uji validitas ahli dan praktisi. Langkahlangkah penelitian yang dilaksanakan diawali dengan pengumpulan data lapangan, perencanaan, pengembangan draf produk, uji validitas, dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ahli dan lima orang praktisi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan lembar penilaian. Pedoman wawancara digunakan untuk pengumpulan data di lapangan melalui wawancara guru bimbingan dan konseling. Sedangkan lembar penilaian digunakan untuk uji validitas isi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi. Analisis data menggunakan teknik statistik prosentase. Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh dari ahli dan praktisi sebesar 82,1 %. Berdasarkan tabel kriteria validitas termasuk dalam kriteria cukup valid, atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Artinya, produk panduan bimbingan interaksi sosial berbasis kecerdasan interpersonal layak untuk digunakan namun perlu dilakukan revisi kecil. Revisi dilakukan berdasar pada saran perbaikan yang diberikan oleh ahli dan praktisi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Panduan Bimbingan Interaksi Sosial Berbasis Kecerdasan Interpersonal telah memenuhi kriteria valid menuruh ahli dan praktisi. Kata kunci: panduan bimbingan, interaksi sosial, kecerdasan interpersonal

    Item Type: Other
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 03 Sep 2015 20:30
    Last Modified: 03 Sep 2015 20:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17033

    Actions (login required)

    View Item