IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TEMA BIOMASSA SUMBER ENERGI ALTERNATIF TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII-F SMPN 2 SIDOHARJO

, Heppyana (2015) IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING TEMA BIOMASSA SUMBER ENERGI ALTERNATIF TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII-F SMPN 2 SIDOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (654Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan: (1) kemampuan kognitif siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Sidoharjo melalui implementasi blended learning tema Biomassa Sumber Energi Alternatif terbarukan, (2) minat belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Sidoharjo melalui implementasi blended learning tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin dan model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Sidoharjo Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, penugasan, tes, observasi, angket serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan kognitif siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkat melalui implementasi blended learning tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Pada siklus I kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan, tetapi belum mencapai target keberhasilan. Hal ini dikarenakan lebih dari 50% siswa belum mempelajari materi dan mengunggah tugas di e-learning serta masih banyak siswa yang menjawab soal pilihan ganda secara acak terutama pada soal yang memerlukan hitungan. Oleh karena itu, dilakukan tindakan selanjutnya yaitu siklus II dengan pemfasilitasan komputer dan internet di Laboratorium Komputer serta bantuan fasilitas laptop dari peneliti kepada siswa untuk mengakses dan mengunggah tugas di e-learning di luar jam pembelajaran kemudian menggunakan soal essay pada tes kognitif siklus II. Pada siklus II kemampuan kognitif siswa telah mencapai target yang telah ditetapkan. (2) Minat belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Sidoharjo Tahun Ajaran 2013/2014 dapat meningkat melalui implementasi blended learning tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Kegiatan diskusi dan eksperimen pada siklus I baik di kelas maupun sebagai tugas di e-learning belum dapat meningkatkan minat belajar siswa hingga mencapai target yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan lebih dari 50% siswa belum mengakses media e-learning dan hanya satu atau dua siswa dalam kelompoknya yang aktif mengerjakan LKS, sehingga dilakukan tindakan selanjutnya dengan kegiatan pembelajaran e-learning di Laboratorium Komputer, kegiatan demonstrasi di luar kelas, serta mengkoordinir siswa untuk pembagian tugas dalam berdiskusi mengerjakan LKS pada siklus II. Minat belajar siswa telah mencapai target keberhasilan pada siklus II. Kata kunci: blended learning, biomassa sumber energi alternatif terbarukan, kognitif, minat belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 30 Aug 2015 21:08
    Last Modified: 30 Aug 2015 21:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17027

    Actions (login required)

    View Item