PEMBELAJARANFISIKADENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KREATIVITASDANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Pelaksanaan PembelajaranPada MateriInduksi Magnet Kelas XII SMAN 2 Karanganyar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015)

Sugiyarti, Henry (2015) PEMBELAJARANFISIKADENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KREATIVITASDANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Pelaksanaan PembelajaranPada MateriInduksi Magnet Kelas XII SMAN 2 Karanganyar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (328Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitianini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh prestasi pengetahuan, sikap dan ketrampilan pada pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen, kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan pebedaan pengaruh terhadap interaksi-interaksinya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPA SMAN 2Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi pengetahuan, kemampuan berpikir kritis, angket untuk kreativitas dan sikap siswa dan hasil observasi untuk ketrampilan. Teknik analisis data menggunakan analisis anava 2x2x2. Hasil pada penelitian ini adalah 1) ada perbedaan hasil belajar antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen terhadap nilai pengetahuan, sikap dan ketrampilan. 2)ada perbedaannilaipengetahuan, sikapdan ketrampilan antara kreativitas tinggi dan rendah.3)ada perbedaan nilaipengetahuan, sikap dan ketrampilan antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah, 4) tidak ada interaksi antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen dengan kreativitas terhadap nilaipengetahuan, sikap dan ketrampilan. 5)interaksi antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen dengan kemampuan berpikir kritis memberikan pengaruh yang signifikan terhadap nilai sikap dan ketrampilan, tetapi tidak memberikan pengaruh nilaipengetahuan 6) ada interaksi antara kreativitas dan kemampuan berpikir kritis terhadap nilaipengetahuan, sedangkan nilaisikap dan ketrampilan tidak ada pengaruh 7)interaksi antara pendekatan saintifik melalui metode proyek dan eksperimen dengan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis tidak ada pengaruh terhadap nilaipengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kata Kunci : Pendekatan saintifik, proyek, eksperimen, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Pasca Sarjana
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 30 Aug 2015 20:58
    Last Modified: 30 Aug 2015 20:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17024

    Actions (login required)

    View Item