PERBANDINGAN ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG TUNGGAL PONDASI MINIPILE MENGGUNAKAN RUMUS DINAMIK, HASIL UJI SPT DENGAN HASIL UJI PDA (The Comparison Of Bearing Capacity Minipile Foundations Using Dynamic Formula, SPT And Verified by The Results Of PDA Test)

ARIANTORO, HENDRIK PRAMA (2015) PERBANDINGAN ANALISIS KAPASITAS DUKUNG TIANG TUNGGAL PONDASI MINIPILE MENGGUNAKAN RUMUS DINAMIK, HASIL UJI SPT DENGAN HASIL UJI PDA (The Comparison Of Bearing Capacity Minipile Foundations Using Dynamic Formula, SPT And Verified by The Results Of PDA Test). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (410Kb) | Preview

    Abstract

    Untuk mendesainpondasi diperlukan data-data yang diperlukan guna mengetahui jenis tanah yang dapat diperoleh dari penyelidikan tanah sehingga dapat menentukan jenis pondasi yang tepat. Beberapa contoh penyelidikan tanah di lapangan adalah sondir, pemboran dan samplinguntuk uji laboratorium dan Standard Penetration Test (SPT), sertauji beban tiang Pile Driving Analyzer (PDA). Dalam perencanaan pondasi terkadang hasil perhitungan kapasitas dukung pondasi antara metode satu dan lainnya menunjukan hasilyang bebeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jenis tanah yang digunakan, metode perhitungan, dan pengambilan sampel tanah yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu dilakukan studi yang komperhensif guna mengevaluasi hasil perhitungan kapasitas dukung pondasi tiang, pada studi ini akan membandingkan kapasitas dukung pondasi minipile menggunakan rumus dinamik dan hasil uji SPT terhadap hasil uji PDA. Studi ini mengggunakan beberaparumus dinamik, antara lain :Rumus Hiley (1930), Rumus Janbu (1953) yang disempurnakan oleh Mansur-Hunter (1970), Rumus Sandres (1851), Rumus Olsen-Flaate (1967) dan Pasific Coast Uniform Building Code (PCUBC). Dan data SPT dihitung dengan menggunakan beberapa metode, yaitu; Metode Meyerhof dan Metode Poulos Davis (1980). Data yang digunakan untuk penelitian adalah data penyelidikan tanah dengan uji SPT dan uji PDA. Hasil dari perbandingan kapasitas dukung pondasi minipile dengan rumus dinamik, hasil uji SPT, dan hasil uji PDA mengalami perbedaan antara satu dengan lainnya. Dilihat dari nilai rasio kapasitas dukung menunjukkan Q , dan Q u - , adalah kurang dari 1 dan lebih dari 1. Hasil yang lebih mendekati dengan kapasitas dukung pondasi minipileyang sudah terpasang adalah berdasarkan hasil uji SPT Metode Meyerhof. SPT Kata Kunci: Minipile, Kapasitas Dukung, Rumus Dinamik, Pile Driving Analyzer

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 30 Aug 2015 20:00
    Last Modified: 30 Aug 2015 20:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17016

    Actions (login required)

    View Item