PELAKSANAAN PEMBEBANAN HAK TANGGUNGAN TERHADAP HAK GUNA BANGUNAN YANG SEDANG DALAM PROSES PERUBAHAN STATUS MENJADI HAK MILIK

BUDIYANTO, HENDRI (2015) PELAKSANAAN PEMBEBANAN HAK TANGGUNGAN TERHADAP HAK GUNA BANGUNAN YANG SEDANG DALAM PROSES PERUBAHAN STATUS MENJADI HAK MILIK. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (355Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian dan kajian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan terhadap Hak Guna Bangunan yang sedang dalam proses perubahan status menjadi Hak Milik. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah jenis empiris dengan pendekatan kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumen, serta menggunakan tehnik analisis kualitatif dengan model interaktif. Dari hasil penelitian dan kajian diketahui bahwa pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan terhadap Hak Guna Bangunan yang sedang dalam proses perubahan status menjadi Hak Milik di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara. Dalam proses perubahan menjadi Hak Milik berakibat hukum hapusnya Hak Guna Bangunan kembali menjadi tanah negara, terhadap Hak Guna Bangunan tersebut dilakukan pencoretan (roya) Hak Tanggungan terlebih dahulu, kemudian dilakukan lagi pengecekan. Selanjutnya baru bisa diajukan permohonan perubahan hak menjadi Hak Milik, kemudian diterbitkan hak atas tanah Hak Milik, sehingga hal tersebut menyebabkan proses perubahan hak membutuhkan waktu 14 (empat belas) hari, pendaftaran Hak Tanggungan menjadi tertunda, maka dari itu bahwa pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan terhadap Hak Guna Bangunan yang sedang dalam proses perubahan status menjadi Hak Milik dalam prakteknya tidak seluruhnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta tidak seluruhnya sesuai dengan Standar Pelayanan Dan Pengaturan Pertanahan Badan Pertanahan Nasional. Kata kunci: Pembebanan Hak Tanggungan, Perubahan Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik, Pendaftaran Hak Tanggungan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    K Law > K Law (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kenotariatan
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 30 Aug 2015 19:53
    Last Modified: 30 Aug 2015 19:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17014

    Actions (login required)

    View Item