FAKTOR-FAKTOR PENENTU NILAI PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA

KUSUMAWATI, OKTIANDRI CHOPSOH (2015) FAKTOR-FAKTOR PENENTU NILAI PERUSAHAAN GO PUBLIC DI INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (441Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan go public di Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diukur dengan menggunakan price to book value (PBV). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, leverage, political connections, dan kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan tipe perusahaan sebagai variabel kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan yang terdaftra di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan, laporan keuangan, dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Sebanyak 356 perusahaan digunakan sebagai sampel. Metode analisis dari penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan software SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah leverage, political connections, dan kinerja perusahaan. Sedangkan variabel kepemilikan manajerial dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai Perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan asing, leverage, political connections, dan kinerja Perusahaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 30 Aug 2015 18:57
    Last Modified: 30 Aug 2015 18:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17013

    Actions (login required)

    View Item