IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) DI KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO

WIJAYA, ARTY GANANG (2015) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) DI KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (378Kb) | Preview

    Abstract

    Kemiskinan adalah sebuah masalah kompleks yang sudah sangat lama ada dalam kehidupan manusia. Berbagai program telah di buat untuk mengatasi masalah kemiskinan, namun hampir semua program tersebut kurang efektif untuk menanggulangi kemiskinan. Oleh karena itu pemerintah membuat kebijakan program PPK untuk mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi Program Pengembangan Kecamatan di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi program serta upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang muncul, sekaligus memberikan rekomendasi agar proses implementasi Program Pengembangan Kecamatan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, Pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, pengamatan studi dokumentasi. Dalam penelitian memerlukan informan, oleh karena itu penulis memilih UPK PPK Kecamatan Baki, Fasilitator Kecamatan dan Kasi PMD selaku PjOK sebagai informan kunci, dan kelompok masyarakat sebagai informan biasa. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber atau data. Analisis datanya adalah analisis data secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara umum pelaksanaan program PPK di Kecamatan Baki berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa pelaksanaan pada tahapan yang ada diantaranya yaitu tahap sosialisasi, tahap pelaksanaan, tahap pengendalian serta tahap pelestarian. Dalam rangka melakukan identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi program. Faktor yang dianggap relevan yaitu sumber daya, sikap pelaksana, komunikasi dan partisipasi masyarakat. Berdasarkan faktor-faktor tersebut disamping ditemukannya hambatan implementasi program juga ditemukan pula faktor-faktor pendukung implementasi program. Adapun hambatan yang ditemukan adalah hambatan yang menyangkut sikap pelaksana, sedangkan faktor pendukung implementasi Program Pengembangan Kecamatan yaitu sumber daya, komunikasi serta partisipasi masyarakat. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang muncul, yaitu telah dilakukan pelatihan, pengarahan kepada para pelaku program khususnya di tingkat desa yang berlangsung berhadapan dengan masyarakat sasaran program agar bisa melaksanakan tugas dengan baik. Saran agar proses implementasi dapat berjalan dengan baik, disamping melakukan pelatihan, arahan kepada para pelaku program di tingkat desa, juga perlu dilakukannya pengawasan yang intensif terhadap pelaksanaan program, yang dilakukan oleh masyarakat, LSM maupun pelaku PPK sendiri.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 30 Aug 2015 17:58
    Last Modified: 30 Aug 2015 17:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/17003

    Actions (login required)

    View Item