EVALUASI PANJANG ANTRIAN KENDARAAN PADA PELAYANAN PINTU KELUAR DENGAN ATAU TANPA PERUBAHAN PINTU KELUAR DI SOLO GRAND MAL

Kurniawan, Hendra Wahyu (2015) EVALUASI PANJANG ANTRIAN KENDARAAN PADA PELAYANAN PINTU KELUAR DENGAN ATAU TANPA PERUBAHAN PINTU KELUAR DI SOLO GRAND MAL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (554Kb) | Preview

    Abstract

    Fenomena antrian yang terjadi di fasilitas pelayanan umum, seperti antrian kendaraan di pintu keluar parkir Mal dipengaruhi oleh tingkat pelayanan yang berkaitan dengan pelayanan operator pintu keluar dan tingkat kedatangan kendaraan. Solo Grand Mal merupakan salah satu Mal yang sering dikunjungi oleh warga Solo dan sekitarnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui alternatif perbaikan layanan pintu keluar untuk meminimalisir antrian sebagai rekomendasi pengelolaan parkir. Analisa pada penelitian ini meliputi pengaruh antrian kendaraan dan volume kendaraan yang melintasi pelayanan pintu keluar Solo Grand Mal ditinjau dari segi tingkat kedatangan kendaraan dan tingkat pelayanan. Penyelesaian kasus ini menggunakan teori antrian dengan disiplin antrian First In First Out (FIFO). Perthitungan analisis statistik pada tingkat kedatangan berdasarkan distribusi poisson dengan uji Chi Square dan analisis statistik tingkat pelayanan berdasarkan distribusi eksponensial dengan uji Kolmogorov-Smirnov. Perhitungan yang dilakukan pada penelitian mendapatkan hasil panjang antrian sejumlah 2 mobil di pintu keluar mobil dan 8 sepeda motor di pintu keluar sepeda motor. Berdasarkan ketersediaan dua loket pintu keluar parkir di masing-masing jenis kendaraan membutuhkan waktu pelayanan selama 15 detik untuk melayani mobil dan 12 detik untuk sepeda motor. Penambahan layanan pintu keluar hanya diperlukan pada sepeda motor pada jam-jam sibuk dengan membuka pintu cadangan A1 dan A4. Jumlah akses keluar yang berada di Solo Grand Mal sudah mencukupi pelayanan keluar kendaraan dari lokasi parkir offroad, sehingga tidak diperlukan perubahan dan penambahan akses keluar. Kata kunci: antrian, tingkat kedatangan, tingkat pelayanan, parkir

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 30 Aug 2015 17:14
    Last Modified: 30 Aug 2015 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16995

    Actions (login required)

    View Item