UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE CONSTRUCTIVE CONTROVERSY(CC) PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X IPA 2 SEMESTER GENAPSMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Arifah, Karina Nurcahyani (2015) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE CONSTRUCTIVE CONTROVERSY(CC) PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X IPA 2 SEMESTER GENAPSMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (271Kb) | Preview

    Abstract

    Karina Nurcahyani Arifah. UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE CONSTRUCTIVE CONTROVERSY(CC) PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X MIA 2 SEMESTER GENAP SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar menggunakan metode Constructive Controversy pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit bagi siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi.Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Constructive Controversy(CC) dapat meningkatkan keaktifan siswa (dari 77,50% pada siklus I menjadi 77,71% pada siklus II) dan prestasi belajar (pencapaian persentase aspek pengetahuan meningkat dari 64,71% pada siklus I menjadi 75,00% siklus II; persentase aspek sikap siswa meningkat dari 97,06% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; dan persentase ketuntasan aspek keterampilan meningkat dari 72,73% pada siklus I menjadi 75,76% pada siklus II). Kata Kunci :Constructive Controversy, Keaktifan, Prestasi Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 30 Aug 2015 17:26
    Last Modified: 31 Aug 2015 15:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16994

    Actions (login required)

    View Item