PENGARUH CORPORATE ETHICAL VALUES PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA DENGAN FAIRNESS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Hidayati, Hanifa Nur (2015) PENGARUH CORPORATE ETHICAL VALUES PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KINERJA DENGAN FAIRNESS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (478Kb) | Preview

    Abstract

    Corporate ethical values merupakan subset budaya organisasional, mewakili pengaruh multidimensional antara sistem formal dan informal dari kontrol keperilakuan. Sistem informal terdiri dari kepercayaan, norma, dan kebiasaan di dalam organisasi, sedangkan sistem formal dapat ditunjukkan melalui sistem reward, kebijakan di tempat kerja, dan undang-undang kerja. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa corporate ethical values berpengaruh langsung pada komitmen organisasional dan kinerja serta persepsi karyawan terhadap keadilan (fairness) organisasional akan menciptakan distorsi persepsi pada corporate ethical values. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah corporate ethical values berpengaruh positif pada komitmen organisasional dan kinerja dan apakah fairness memoderasi hubungan tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga kependidikan yang berstatus sebagai pegawai tetap dan telah bekerja minimal satu tahun yang bekerja di UNS dan UNSA sebanyak 83 responden. Cara pengambilan sampel melalui simple random sampling, cluster sampling dan proportional random sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji interaksi/Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows versi 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) corporate ethical values berpengaruh positif pada komitmen organisasional, (2) corporate ethical values berpengaruh positif pada kinerja, (3) fairness memoderasi pengaruh corporate ethical values pada komitmen organisasional, dan (4) fairness memoderasi pengaruh corporate ethical values pada kinerja. Kata kunci: Corporate Ethical Values, Komitmen Organisasional, Kinerja, Fairness.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 30 Aug 2015 16:30
    Last Modified: 30 Aug 2015 16:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16977

    Actions (login required)

    View Item