UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING BAGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Penelitian Tindakan Kelas)

Utama, Aditya Chandra (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING BAGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1134Kb) | Preview

    Abstract

    Aditya Chandra Utama. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE MIND MAPPING BAGI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis apakah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2012/ 2013 dengan jumlah siswa 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru mata pelajaran akuntansi sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam pembelajaran dan diskusi kelas mengalami peningkatan sebesar 12,1% (4 siswa) dari 72,7% (24 siswa) pada siklus I menjadi 84,8% (28 siswa) pada siklus II; (2) Partisipasi siswa dalam kerjasama kelompok mengalami peningkatan sebesar 6% (2 siswa) dari 66,7% (22 siswa) pada siklus I menjadi 72,7% (24 siswa) pada siklus II; (3) Jumlah siswa yang telah tuntas hasil belajarnya (KKM 75) juga mengalami peningkatan 18,2% (6 siswa) dari 69,7% (23 siswa) pada siklus I menjadi 87,9% (29 siswa) pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa XI IPS 1 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2012/ 2013. Kata kunci: Model Quantum Learning Metode Mind Mapping, prestasi belajar, mata pelajaran akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 30 Aug 2015 15:28
    Last Modified: 30 Aug 2015 15:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16975

    Actions (login required)

    View Item