HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DAN PARENTING ATTACHMENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FK UNS

Mahendra, Adiptya Cahya (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DAN PARENTING ATTACHMENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FK UNS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (134Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Kecemasan pada seseorang tidak hanya memengaruhi pikiran dan persepsi, tetapi juga mempengaruhi proses belajar, sebab kecemasan cenderung menghasilkan kebingungan dan distorsi persepsi. Seseorang yang memiliki kelekatan yang baik dengan orang tuanya akan memberikan dampak positif salah satunya dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan intelektual dan kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan dengan prestasi belajar, parenting attachment dengan prestasi belajar, dan tingkat kecemasan dan parenting attachment dengan prestasi belajar. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dengan sampel sebanyak 59 mahasiswa. Variabel bebas penelitian ini adalah kecemasan dan kelekatan orang tua (parenting attachment). Tingkat kecemasan dan pola kelekatan diukur menggunakan media kuesioner. Variabel terikat penelitian ini adalah prestasi belajar (IPK). Data yang didapat diuji dengan analisis regresi linear ganda. Hasil Penelitian: Uji korelasi secara parsial didapatkan tingkat kecemasan mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar sebesar -37,9%, parenting attachment mempunyai hubungan yang bermakna dengan prestasi belajar sebesar 36,6%. Sedangkan hasil untuk uji regresi linear ganda mempunyai nilai korelasi sebesar 23,8%. Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dengan prestasi belajar, parenting attachment dengan prestasi belajar, serta tingkat kecemasan dan parenting attachment dengan prestasi belajar. Kata Kunci: Tingkat kecemasan, parenting attachment, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Pendidikan Kedokteran
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 30 Aug 2015 15:17
    Last Modified: 30 Aug 2015 15:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/16973

    Actions (login required)

    View Item